Search

Minggu, 04 Januari 2009

Movie: The Tale of Despereaux

UNIVERSAL PICTURES - Directed by: Sam Fell, Robert Stevenhagen Starring: Matthew Broderick, Emma Watson, Dustin Hoffman Narrated by: Sigourney Weaver Runtime: 100 min US Release Date: December, 19 2008
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tikus kecil yang melakukan hal besar? Bukan Ratatouille, juga bukan Stuart Little, meskipun memiliki template yang mirip dengan Ratatouille. Sangat kental dengan pesan moral yang khas anak-anak, film ini diangkat dari novel karya Kate DiCamillo yang berjudul sama yang terbit tahun 2003 dan mendapatkan penghargaan Newberry Medal dan laris pula. Pas baru-baru muncul tuh, woy, aku gak yakin aku akan menyukai buku ini, meskipun gak bisa dipungkiri desain covernya cukup menggoda dan meyakinkan, ditambah stempel Pemenang Newberry Book 2004 pula.

Ceritanya sendiri tentang Despereaux (Matthew Broderick), pangeran tikus yang berteman dengan seorang putri bernama Princess Pea (Emma Watson), sejak ia diusir oleh kelompok tikus istana karena berbicara dengan manusia, dan gemar membaca buku, dan bukannya menggerogoti halamannya. Pea sendiri mengajarkan pada Despereaux betapa bagusnya membaca buku.



Sementara itu, dari kalangan tikus got, Roscuro (Dustin Hoffman) menculik Princess Pea dan menyekapnya di ruang bawah tanah karena merasa disakiti oleh sang puteri. Despereaux akhirnya harus menyelamatkan sang puteri dan melawan Roscuro, padahal awalnya mereka berteman karena Roscuro sempat menolong Despereaux. Lagi, ternyata tikus mungil ini jatuh cinta pada sang puteri. Wedew... Cross-speciesphillia tuh namanya.. Cinta sama lain spesies, hehehe... Namun, apakah dia dapat menyelamatkan sang puteri sekaligus mendapatkan kembali harga dirinya di kalangan tikus istana?


Dengan narasi yang dibawakan aktris yang terkenal lewat Alien,
Sigourney Weaver, awalnya proyek animasi ini akan diambil oleh Sylvain Chomet yang sukses dengan film animasi Perancis yang dipuji kritikus dan menang banyak penghargaan, Triplets of Belleville. Tapi karena satu dan lain hal tidak jadi dan diganti sutradara Corpse bride, Mike Johnson lalu kembali gagal dan diambil animator Robert Stevenhagen serta Sam Fell yang berpengalaman dengan Flushed Away. Deretan pengisi suaranya juga lumayan, ada Emma Watson yang mungkin sedang libur dari sekolah Hogwarts dan Dustin Hoffman yang senior dan sudah sering bermain film. Awalnya Justin Long sempat diproyeksikan menjadi Despereaux, tapi tidak jadi dan akhirnya pindah ke suami Sarah Jessica Parker. Pengisi suara lain yang terkenal ada Kevin Kline, William H. Macy dan Stanley Tucci.

Salah satu alasan film ini menggunakan pengisi suara bintang-bintang yang sedang terkenal, adalah karena para bintang itu sedang punya waktu luang dan tidak perlu memakai make-up ataupun kostum.

Nilai jual animasi berrating G ini juga membuat optimis dengan soal tanggal rilisnya mendekati liburan Natal. Meskipun, hanya saja, desain tikus Despereaux yang mirip dengan Stuart Little bisa memberi nilai negatif dan bisa jadi ada yang menilai karakternya meniru Stuart. Selain itu, rating G yang melekat pada animasi ini mungkin hanya akan disukai anak-anak tapi tidak oleh remaja dan dewasa. Meskipun demikian, banyak pihak yang menduga film ini akan masuk nominasi Oscar karena diangkat dari buku terkenal.

--------------------------------------
Disadur dari majalah Cinemags edisi Januari 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

:: Tinggalkanlah komentar anda demi kemajuan kami sendiri ::